Sabtu, 05 Februari 2011

Melancong ke Pulau Selayar

Provinsi Sulawesi Selatan memiliki kekayaan bahari yang sangat indah. Salah satu wisata bahari yang terkenal di provinsi ini adalah Pulau Selayar.

Lokasi

Pulau Selayar adalah sebuah pulau kecil yang berada di Kabupaten Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten Selayar memiliki 123 pulau dan 62 pulau di antaranya sudah berpenghuni. Wilayah kabupaten ini didominasi oleh perairan, yaitu sekitar 95% dan sisanya berupa daratan yang terdiri dari gugusan pulau-pulau.

Jika hendak melancong ke Pulau Selayar, Anda bisa melalui Kota Makassar. Kemudian, naik bus ke Bulukumba, dilanjutkan dengan naik fery ke Pelabuhan Pamatata di Pulau Selayar dan transit di Kota Benteng.

Nah, dari kota ini Anda tinggal memilih tujuan selanjutnya. Mengunjungi pantai, menyelam, atau melihat nekara raksasa. Sangat mengasyikkan jika Anda tidak melewatkan salah satunya.


Keindahan Alam

Pulau Selayar yang oleh penduduk setempat disebut juga Lalajer memiliki pesona alam yang sangat mengagumkan. Pantai di Pulau Selayar memiliki pasir putih dan air yang jernih. Anda dapat berenang atau sekadar bersantai di bibir pantai sambil menikmati keindahan alam di sekitar Pulau Selayar.

Selain bukit-bukit yang hijau, Anda juga dapat menyaksikan gugusan karang tepi atau yang disebut fringing reef yang menjulur ke arah laut sejauh 200 meter. Gugusan karang tepi ini hanya terlihat ketika air laut sedang surut.

Gugusan karang tepi ini berbatasan dengan karang penghalang atau barrier reef yang sangat luas. Kawasan inilah yang disebut Takabonerate yang dianggap sebagai atol (pulau karang) terbesar di dunia.

Takabonerate juga merupakan nama sebuah taman nasional. Taman Nasional Takabonerate dikenal sebagai kawasan menyelam terbaik di dunia dan telah diakui oleh PADI, sebuah perkumpulan penyelam profesional dunia.

Jika Anda ingin menyelam, di pinggir pantai Pulau Selayar terdapat resort yang menyediakan fasilitas untuk menyelam. Selain di Bali dan Pulau Raja Ampat, Irian Jaya, Anda dapat menikmati pesona alam bawah laut yang tak kalah menakjubkannya di Pulau Selayar.

Selain menyelam, Anda juga bisa melakukan wisata bahari lainnya, seperti memancing atau berputar-putar dengan perahu motor untuk menikmati keindahan laut Pulau Selayar.

Pulau Selayar memang terkenal dengan keindahan dan kekayaan bawah lautnya. Kabupaten Selayar sendiri memiliki kawasan terumbu karang dengan luas sekitar 1 juta hektar atau 50% dari keseluruhan wilayah Kabupaten Selayar.

Nekara Kuno

Objek wisata lain yang dapat Anda kunjungi adalah sebuah nekara kuno. Benda purbakala berbentuk seperti gong ini berasal dari zaman kebudayaan perunggu.

Seluruh permukaan nekara dihiasi dengan berbagai pola gambar, seperti perahu, bintang, pohon kelapa, ikan, gajah, katak, burung merak, dan bangau. Nekara ini bergaris tengah 126 cm dengan tinggi 92 cm. Nekara kuno ini tercatat sebagai nekara terbesar di Asia Tenggara.

Nekara kuno ini ditemukan pada 1868 dan tetap dibiarkan berada di tempatnya. Kawasan sekitar nekara kuno ini telah dijadikan kawasan konservasi. Pemerintah setempat terus melakukan pengembangan berbagai fasilitas di kawasan tersebut.

Wisata Belanja

Setelah puas menikmati liburan, akan terasa ada yang kurang jika Anda belum berbelanja buah tangan. Kegiatan wisata alam pun terasa kurang memuaskan jika tidak diakhiri dengan wisata belanja.

Untuk membeli oleh-oleh, Anda bisa melakukannya di Kota Makassar. Di kota ini, Anda bisa membeli berbagai makanan khas daerah dan beraneka macam kerajinan tangan yang dapat dijadikan cinderamata.

Sumber :
Oleh: AnneAhira.com Content Team
http://www.anneahira.com/pulau-selayar.htm 

1 komentar: