Sabtu, 05 Februari 2011

2011, Taiwan Bangun Kilang Minyak di Selayar Sulsel

Perusahaan pengolahan minyak bumi milik pemerintah Taiwan, Chinese Petroleum Corporation (CPC) segera membangun kilang minyak untuk memproduksi berbagai jenis bahan bakar di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada 2011.

Wakil Bupati Selayar, Nurhamsinah di Makassar, Rabu (30/6), usai menyampaikan rencana ini kepada Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, produksi akan mulai dilakukan setelah pemindahan kilang minyak perusahaan tersebut dari Kaoshiung, Taiwan ke Selayar rampung.


"Perizinan pemindahan dan produksi sementara dalam proses. Pemerintah Taiwan akan mengundang Kementerian Perekonomian ke Taiwan pada 8 Juli dan kunjungan balasan ke Indonesia akan dilakukan pada 17 Juli," katanya.

Limpo optimistis proses pemindahan dan pembangunan kilang minyak tersebut akan segera rampung karena hanya berupa pemindahan material yang telah siap pasang.

Pemerintah kabupaten (Pemkab) menyediakan lokasi pembangunan kilang senilai 2,8 miliar dolar Amerika tersebut di bagian utara Pulau Selayar seluas 1000 ha.

Pada tahun pertama produksinya, CPC Taiwan merencanakan kapasitas produksi sebanyak 100 ribu barrel per hari. Angka ini ditargetkan terus meningkat sesuai dengan produksi di Taiwan sebanyak 220 ribu barrel per hari.

Sebelumnya, Kalimantan Timur (Kaltim) juga menunjukkan minatnya untuk menampung kilang minyak Taiwan tersebut namun CPC lebih memilih ke Selayar dan pemerintah pusat telah memberikan izin untuk pembangunan di Selayar.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengharapkan rencana tersebut segera terealisasi tahun ini. "Yang ingin berinvestasi jangan maju mundur seperti kemarin-kemarin, jajaki dengan serius," ujarnya yang mendukung dan menyambut baik rencana ini. (Ant)

Sumber :
http://ekonomi.tvone.co.id/berita/view/41188/2010/06/30/2011_taiwan_bangun_kilang_minyak_di_selayar_sulsel/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar